Floating Kanan 132x647px
Floating Kiri 132x647px
Ikln atas 2

NEWS UPDATE

Kandungan Pisang Bisa Mencegah Virus HIV?

Kandungan Pisang Bisa Mencegah Virus HIV?

Pisang adalah buah yang sangat bermanfaat, salah satu studi terbaru menemukan fakta bahwa kandungan kimia yang ada dalam buah pisang sama ampuhnya melawan penyebab penyakit HIV, dengan kombinasi dua obat anti-HIV. 

Kandungan ajaib dalam pisang ini disebut BanLec, sejenis lektin yang mana merupakan protein pengikat gula yang ditemukan di beberapa jenis tanaman. Cara kerja protein lektin yang disebut Baclet ini adalah dengan melakukan pengikatan terhadap gula envelope HIV-1, yang berada di tempat yang berbeda sehingga membuat virus tersebut menjadi sulit untuk melakukan mutasi.

BanLec kemudian bekerja pada protein envelope, yang mana bertindak untuk membungkus sel-sel HIV sehingga tercegah dari potensi menyebar atau merajalela ke seluruh tubuh. Penelitian para ahli menunjukkan, pisang memiliki zat yang berpotensi menjadi penghambat infeksi virus HIV.

Hasil penemuan ini diharapkan membuka jendela baru pada terapi pencegahan infeksi HIV yang hingga kini belum ditemukan obatnya. "Masalah yang dihadapi oleh obat anti-HIV adalah kemampuan virus untuk bermutasi dan menjadi kebal. Namun, hal tersebut bisa dicegah oleh lektin. Lektin bisa menempel pada gula yang ditemukan pada berbagai titik sampul HIV-1 dan diperkirakan butuh mutasi yang berlipat bagi virus untuk mendapatkannya," ungkap Erwin J Goldstein, PhD, profesor kimia biologi. 

Berita Terkait

Komentar Via Facebook