Floating Kanan 132x647px
Floating Kiri 132x647px
Ikln atas 2

NEWS UPDATE

Bekerja dengan Cara Cerdas

Bekerja dengan Cara Cerdas

Ada banyak hal untuk mengupayakan pekerjaan kamu bisa berjalan dengan baik setiap harinya.

Caranya adalah dengan bekerja dengan cerdas, bukan sekadar keras. Bekerja cerdas adalah bagaimana kita menghabiskan jam kerja dengan baik dan mengembangkan kebiasaan untuk mengetahui mana yang penting dan mana yang tidak.

Dengan disiplin dan terorganisir, kamu akan menemukan diri bekerja dengan lebih efektif, tanpa membuang-buang waktu. Ini tips bekerja cerdas:

1. Ambil istirahat
Kedengarannya sangat klise, tetapi dengan mengambil istirahat secara teratur selama hari kerja sebenarnya benar-benar dapat meningkatkan produktivitas kamu. Apakah kamu bekerja di lingkungan kantor, jarang berjalan dan memaksimalkan kelelahan pada mata, bisa saja hal buruk akan terjadi.

Penelitian menunjukkan bahwa lima menit dari kerja adalah waktu yang cukup untuk memperbaharui fokus. Ketika menjelang sore tubuh sudah seperti kelelahan, jangan lewatkan minuman manis dan camilan untuk beristirahat. Lemak sehat dan antioksidan akan memberikan otak kamu dorongan yang sangat dibutuhkan yaitu energi untuk dapat fokus.

2. Membuat ritualmu

Percaya atau tidak, sebagian besar dari apa yang kita lakukan sehari-hari sebenarnya kebiasaan. Jadi jika kita dapat mengembangkan kebiasaan sehat, maka kita dapat menjalani rutinitas sehari-hari dengan mengubah kebiasaan buruk jadi kebiasaan baik. Dengan begitu, lingkungan dan kebiasaan itu sendiri dapat mengkondisikan kita dan membuat kita lebih efisien dalam pekerjaan.

Mulailah hari kamu dengan ritual pagi sebelum kerja. Meditasi misalnya, akan mempersiapkan hari kamu untuk lebih berjalan lancar.

3. Mengembangkan sistem manajemen waktu

Merencanakan sesuatu dengan membuat daftar yang harus dikerjakan mungkin bisa membuat pekerjaan lebih efektif. Kamu bisa menulisnya dalam catatan. Bukti bahkan menunjukkan bahwa menulis tulisan tangan dapat meningkatkan memori.

Jika kamu tidak yakin dengan tulisan tangan kamu sendiri, ada aplikasi yang dapat membantumu mengingat setiap agenda yang harus kamu lakukan.
 
4. Atur ruang kerja

Buatlah upaya rutin untuk mengatur folder berdasarkan jenis-jenisnya. Hal ini adalah penghemat waktu yang sangat besar. Menggunakan label atau folder di Outlook untuk semua email. Setelah semuanya bersih dan rapi, belajar jugalah menggunakan tombol pintasan di komputer, bukan mengandalkan mouse saja.

Seiring dengan menjaga ruang kerja online kamu terorganisir, hal ini juga dapat menjaga ruang kerjamu terorganisir juga. Ambil waktu untuk menyingkirkan kertas-kertas tak terpakai, misalnya. Sesungguhnya dengan keadaan seperti ini, kita dapat meningkatkan fokus terhadap pekerjaan kita. 

 

Komentar Via Facebook